Sabtu, 10 Desember 2011

manfaat daun dadap srep

Dadap / Erythrina lithosperma

Kalau lagi jalan-jalan ke lereng selatan G.Merapi, pohon Dadap selalu menjadi tujuan untuk bisa melihat burung. Pohon Dadap selalu menjadi rebutan banyak jenis burung, mulai dari Betet (Psittacula alexandri), Caladi ulam (Dendrocopos macei), dan Takur tohtor (Megalaima armillaris) yang menjadikan batangnya sebagai tempat bersarang. Kutilang (Pycnonotus aurigaster), Kepudang (Oriolus chinensis), berbagai jenis burung madu, dan hampir semua burung pemakan serangga dan nektar akan berebut makanan di pohon dadap yang sedang berbunga. Sementara itu Perling kecil (Aplonis minor) sering beristirahat dalam kelompok besar di pohon Dadap.

Banyak yang menolak pohon Dadap karena berduri, padahal ada juga yang tidak berduri terutama yang umum dibudidayakan dengan stek. Orang jawa menyebutnya Dadap Srep, sementara orang Sunda menyebutnya Dadap lesang dan orang madura menyebutnya Dhadhak menyak (Heyne, K.,1987). Kecuali jika kita membutuhkannya untuk pagar kebun, ditanam bersama Secang dan Salak, maka varietas yang berduri atau yang berduri sebagian tentu menjadi pilihan tepat.

Sedoyo penyakit manthun kanthi Dadap srep mas”, begitu seorang nenek menjelaskan alasannya menanam pohon Dadap srep di depan rumahnya di salah satu sudut di sebuah desa di Sleman-Yogyakarta. Memang khasiat daun dan kulit pohon Dadap Srep sebagai obat telah banyak di kenal, diantaranya untuk obat demam, obat mata, dan untuk menggiatkan keluarnya air susu ibu (Heyne, K., 1987). Selain itu, daun Dadap juga digemari oleh ternak karena kandungan proteinnya yang tinggi. Guguran daun menyuburkan tanah dan kerimbunan daunnya menekan pertumbuhan gulma sehingga sangat baik digunakan sebagai perindang di kebun teh. Tetapi jangan sampai tertukar dengan jenis Dadap laut / dadap ayam (Erythrina variegata) yang mampu hidup dari tepi pantai yang masih dapat dicapai oleh ombak sampai ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut (mdpl) dan meranggas saat musim kemarau. Dadap srep hidup pada ketinggian antara 300 mdpl. – 1500 mdpl., terutama pada tanah pasir dan tanah lempung aluvial (Heyne, K., 1987).

Khasiat Daun Dadap Untuk Penurun Demam Anak

October 5th, 2011 aulia 0 Comments
daun dadap
Anak kecil dan balita biasanya sering mengalami demam. Terus memberinya obat warung kadang tak baik. Karena itu sebagai orang tua, kita perlu tahu alternatif obat penurun demam yang aman untuk anak kita. Dan daun dadap serep adalah salah satu tanaman yang sudah sejak dulu dipercaya mampu meredakan demam anak.

Daun dadap serep sendiri berwarna hijau dan ukurannya tidak terlalu besar. Pohon dari tanaman ini juga sering dijadikan peneduh di rumah-rumah, terutama di pedesaan karena daunnya yang cukup rimbun.

obat keputihanNumpang Lewat Sebentar sist .... :)
Saya mau memberikan informasi perawatan kewanitaan atau cara untuk merawat "miss v" agar kencang menggigit seperti perawan lagi. Ratusan bahkan hampir ribuan wanita menggunakan produk ini. Sangat direkomendasikan !! Jangan hanya merawat tubuh saja sist, tapi perawatan organ kewanitaan juga harus kita jaga. Takut suami selingkuh? karena masalah "miss V" yang sudah longgar atau Keputihan? Ingin keset seperti perawan lagi? silahkan: klik disini
 

mengencangkan payudara yang kendurNew ....
Cream Pembesar atau untuk mengencangkan Payudara anda. Tidak PD dengan payudara yang kendur? kurang besar atau kurang montok? Ingin Kencang kaya Perawan? Hanya di www.solusikewanitaan.com silahkan: klik disini
ok silahkan dilanjut lagi membacanya :)
 

Daun dadap serep mengandung zat alkaloida yang sifatnya mendinginkan dan antiradang. Inilah kenapa daun dadap serep ampuh untuk meredakan demam. Selain itu, kulit kayunya berkhasiat mengencerkan dahak.
Menurut pengalaman saya saat kecil, untuk meredakan demam anak, kita cukup mengambil selembar daun dadap srep.  Kemudian, cuci bersih daun dadap itu agar dengan air. Daun dadap tersebut selanjutnya dilinting dan digulung-gulung sampai lembek dan lunak. Daun yang sudah lunak itu ditempelkan ke kening anak untuk kompres. Kalau daunnya mengering, segera ganti dengan daun yang baru, begitu seterusnya hingga demam anak turun dan ia bisa beristirahat dengan tenang. Insyaallah keesokan harinya si anak sudah sembuh dan bisa bermain lagi.
Selain untuk meredakan demam anak, daun dadap juga berkhasiat untuk meredakan mulas, sakit kepala, bahkan melancarkan ASI pada ibu menyusui.

2 komentar: